Jumat, Mei 02, 2008


Allahu Akbar


Ready Stock - eeePC besutan Asus yang dilempar ke pasar dengan kisaran harga Rp 4 jutaan, sekarang sudah tersedia banyak. Kalau beberapa waktu lalu calon pembeli harus inden dulu namun sekarang tidak karena di agen-agen komputer dan laptop sudah banyak yang menyediakan. Tampak seorang wiraniaga menenteng handset eeePC di pameran komputer dan laptop yang berlangsung di AJBS. (cr-4)

Bakrie Telecom Tingkatkan Performansi Jaringan di Surabaya

Setelah agresif mengembangkan wilayah layanan ke beberapa kota di Jawa Timur, Bakrie Telecom mulai melakukan optimalisasi jaringan. Surabaya sebagai pusat operasional Esia & Wifone di wilayah Jatim menjadi pilihan awal dalam proses optimalisasi tersebut.

Langkah peningkatan performansi jaringan terutama ditujukan untuk memperkuat kualitas sinyal Esia & Wifone untuk menampung peningkatan lalu lintas percakapan telepon. Selain itu performansi jaringan ini juga dilakukan sebagai rangkaian aktivitas memperkuat kualitas layanan pada pelanggan. Dua minggu lalu misalnya Bakrie Telecom telah membuka fasilitas call center baru di Surabaya .

“Ini bukan berarti kami tak lagi melirik tarif murah lho. Tapi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin kompleks tarif murah saja tak cukup. Soal kualitas layanan, termasuk performansi jaringan pasti akan menjadi perhatian utama pelanggan. Nah, Bakrie Telecom peka terhadap perkembangan tersebut dan segera meresponsnya dengan peningkatan kualitas jaringan”, ujar Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk di dalam pesan tertulisnya yang dikirimkan ke media kemarin.

Diakui Danny persoalan tarif percakapan telepon memang sedang menjadi perhatian publik. Namun seiring dengan kekhawatiran yang semakin besar pula terhadap penurunan kualitas jaringan akibat adanya tariffmurah maka Bakrie Telecom ingin menyikapinya secara kongkrit.

Untuk itu Bakrie Telecom telah mematangkan serangkaian aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan sinyal di kota-kota Jawa Tengah & Jawa Timu r yang telah dilayani Esia, Wifone & Wimode. Peningkatan kualitas jaringan ini diharapkan akan sangat berdampak positif terhadap tingkat call set up sucsess ratio, penurunan tingkat putus hubungan (drop call), pengurangan wilayah blank spot dan perbaikan wilayah cakupan (coverage).

Bakrie Telecom sendiri baru hadir di Jawa Timu r pada akhir bulan Agustus tahun 2007 lalu. Dimulai dari Surabaya dan Malang kemudian berlanjut ke Gresik, Pasuruan, Mojokerto dan Bangkalan. Diperkirakan akan ada beberapa kota baru lagi yang akan dibuka dalam waktu dekat ini, seperti Jember dan Kediri . Karena itu setelah menggelar jaringan dengan mendirikan BTS di kota-kota tersebut, maka kini Bakrie Telecom mencoba menyempurnakan kualitas jaringannya dengan melakukan optimalisasi jaringan.

Di akhir tahun 2007 misalnya tingkat kegagalan call set up ratio diakui Danny masih sekitar 2,5%. Pelanggan Esia harus beberapa kali mengulangi panggilan telepon untuk menghubungi pelanggan lain. Tapi kini situasinya jauh lebih baik. Bakrie Telecom berhasil menekan tingkat kegagalan call set up hingga sekitar 1% pada akhir bulan Maret lalu.

Demikian pula soal drop call atau tingkat putus hubungan. Jika di akhir tahun 2007 tingkat drop call pelanggan Bakrie Telecom juga sekitar 2,5%, tapi pada akhir maret lalu Bakrie Telecom mampu menekan tingkat putus hubungan tersebut hingga 1 – 1,2%.

Selain peningkatan kemampuan menyalurkan lalu lintas percakapan telepon, Bakrie Telecom tak melupakan penyempurnaan dalam kualitas pengiriman SMS. Kemampuan dan kapasitas jaringan makin disempurnakan sehingga mampu menekan tingkat kegagalan pengiriman atau bahkan keterlambatan pengiriman. “Meskipun tarif telepon menunjukkan kecenderungan semakin murah, namun tak menyurutkan minat pelanggan untuk memanfaatkan layanan SMS. Karena itu kami pun meningkatkan kemampun jaringan sehingga dapat menyalurkan trafik SMS lebih cepat dan pasti”, tutur Danny.

Keseluruhan perbaikan ini dilakukan melalui serangkaian langkah optimalisasi pada semua BTS (Base Tranceiver Station), baik pada sisi software maupun hardware. Jumlah BTS Bakrie Telecom tercatat ada sekitar 1100 BTS pada akhir tahun 2007. Jumlah ini akan meningkat sekitar 1000 BTS lagi pada tahun 2008 ini. Sebagian besar diantaranya dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga atau menggunakan konsep menara bersama.

Melalui optimalisasi jaringan di semua BTS, Bakrie Telecom mampu memperkecil wilayah blankspot sekaligus memperbaiki wilayah cakupan. “Ini terkait dengan voice quality. Daya pancar sinyal BTS semakin kuat hingga kualitas pengiriman maupun penerimaan semakin jernih. Selain itu daerah yang tadinya belum tercover atau terhalang dalam menerima sinyal kini bisa dilayani. Pokoknya makin bagus deh”, ujarnya sambil tersenyum.

Karena itu Danny mengharapkan agar masyarakat mencoba sendiri kualitas jaringan Esia & Wifone. “Perbaikan yang kami lakukan merupakan kegiatan yang sifatnya berkelanjutan. Cobalah layanan kami dan berikan kami masukan. Kami akan sangat menghargainya”. (cr-1)

Selasa, April 29, 2008

Penandatanganan PKS dalam Rangka Pengembangan Program Loyalitas Pelanggan


Head of East Java and Bali Nusra, M.S. sucahyo menandatangani PKS disaksikan perwakilan merchants. (cr-3)

PT Indosat Regional Jawa Timur dan Bali Nusra hari ini menandatangani kerjasama dalam rangka pengembangan program loyalitas pelanggan. Penandatanganan dilakukan secara langsung Head of East Java and Bali Nusra, M.S. sucahyo dan Wakil dari beberapa merchants siang ini di Inul Vizta Family KTV.
Wakil beberapa merchants yang hadir pada saat penandatangan ini diantaranya adalah Pramita Utama Diagnostic Center, Fran’s Bakery, Inul Vizta Family KTV, Klub Bunga Butik Resort, Kunang-kunang Outdoor Café, Fahrenheit Gymnasium, Tanjung Kodok Beach Resort, Element Café dan RS Bhakti Rahayu. “Penandatanganan ini merupakan pengembangan program loyalitas khusus pelanggan Mentar, IM3 dan Matrix di wilayah Jawa Timur,” kata M.S. Sucahyo. “Kami ingin memberikan keuntungan lebih kepada pelanggan yang loyal terhadap Mentari, IM3 dan Matrix,” tegas M.S. Sucahyo.
Keuntungan yang akan diperoleh pelanggan berupa diskon hingga 50 persen di beberapa merchants yang bergerak di bidang entertainment, food and baverage, hotel, kesehatan dll. Untuk mendapatkan benefit tersebut pelanggan cukup menunjukkan SMS broadcast yang dikirim langsung oleh Indosat ke ponsel pelanggan, sedangkan untuk pelanggan VIP dengan menunjukkan VIP Card ketika akan melakukan transaksi pembayaran. HIngga saat ini Indosat telah bekerjasama dengan lebih dari 50 merchants yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur dan Bali Nusra.

Program loyalitas pelanggan lain yang hingga saat ini masih dapat dimanfaatkan pelanggan adalah poin plus-plus. Pelanggan secara otomatis memperoleh poin yang merupakan konversi dari nilai pembayaran (Matrix) dan isi ulang (Mentari, IM3). Adapun nilai konversinya setiap satu poin adalah Rp 100. Perhitungan poin berdasarkan tagihan bulanan/isi ulang dibagi seratus dan dikalikan dengan lama berlangganan. Variabel lama berlangganan bervariasi, nominalnya ditentukan berdasarkan lama pelanggan menggunakan produk Mentari, IM3 dan Matrix. Untuk pelanggan Matrix, poin dapat ditukarkan dengan bonus SMS dan pulsa dalam bentuk diskon tagihan.

Sementara pelanggan Mentari dan IM3 dapat menukarkan poin tersebut dengan rewards seperti bonus SMS dan I-ring, pelanggan juga berpeluang untuk mengikuti undian berhadiah utama 4 mobil jaguar yang diundi setiap 3 bulan yakni di bulan Juni, Nopember dan Januari 2009. Pelanggan dapat memperoleh info melalui SMS dengan cara ketik INFO kirim ke 7887 (gratis) atau menghubungi call centre 111 (Matrix), 222 (MEntari), 300 (IM3 atau klik ke http://www.indosat.com/. (hans)